SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

MANFAAT MEMBEDUNG BAYI

"NGGEDONG KENAPA TIDAK.......?!"
Dari : Jowir
Fisioterapis Anda

Gambaran :
Membedung atau dalam istilah jawa disebut sebagai “nggedong” sering dilakukan oleh ibu-ibu pasca melahirkan kepada bayi-bayinya,hal itu dilakukan karena sebatas mengikuti tradisi dari pendahulunya (ibunya). Selain itu mereka menganggap dengan dibedung maka tubuh bayi lebih hangat dan supaya kaki bayi tidak bengkok . Berikut ini akan disajikan artikel mengenai pembedungan serta manfaatnya. Sebenarnya praktek membedung bayi telah dilakukan berabad-abad yang lalu dan telah membudaya. Membedung dikaitkan dengan membalut tubuh bayi dari bahu kekaki dengan menggunakan kain blanket kecil atau selendang (orang jawa) dengan tujuan menjaga keamanan bayi. Di jawa bayi dibedung dengan tehnik biasa yaitu membalutkan selendang ke tubuh bayi dari bahu sampai kekaki adapula hanya membalutkan selendang ketubuh bayi sampai kaki dengan membebaskan kedua tangan. Indian amerika dan orang-orang timur tengah melakukan pembedungan dengan tehnik pembedungan yang lebih canggih, tetapi pembedungan secara tradisional dilakukan oleh beberapa negara seperti Turki, Afganistan dan Albania.

Manfaat Pembedungan :

Manfaat pembedungan tidak hanya agar bayi tenang dan tidak rewel tetapi juga untuk mengurangi resiko kematian bayi mendadak atau dikenal SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Saat usia bayi 3 bulan ketika resiko SIDS terbanyak, orang amerika tradisional mencari jalan keluar dengan membedung bayinya. Sebagai tambahan, pembedungan dapat menolong bayi agar tidur lebih lama dan banyak istirahat, karena dengan pembedungan mencegah gerakan tiba-tiba yang dapat membuat terbangun. Dengan demikian orangtuapun dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidurnya, sehingga esok harinya lebih focus dalam menjaga dan mengurusi bayinya. Bayi yang dibedung dikatakan merasa aman karena merasa sama dengan kondisinya saat berada diuterus. Pembedungan juga membantu menjaga suhu teratur, menjaga kenyamanan dan kehangatan tubuhnya disaat tidur
Beberapa pasangan menambahkan bahwa pembedungan dilakukan sampai bayi bangun dari tidurnya. Ketika dibedung bayi menjadi mudah dibawa dan terlihat manis, seperti membawa seperangkat kosmetik. Pembedungan juga membuat bayi lebih fokus ketika menyusui dipayudara ibunya atau dengan botol oleh kerena tangannya terbedung. Pembedungan terbaik biasanya dilakukan pada saat bayi baru lahir sampai berumur empat bulan, tetapi bisa diperpanjang juga disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Bayi yang baru pertama kali dibedung memerlukan waktu untuk adaptasi. Modifikasi membedung, seperti membiarkan kedua tangannya bebas (disaat tubuh bayi istirahat) mungkin dibutuhkan ketika mengenalkan pembedungan kepada bayi. Pilihlah blanket yang nyaman dan tidak ketat. Untuk memastikan sirkulasi darah bayi terjaga dan jangan terlalu memaksakan sehingga bayipun merasa tidak nyaman.
Sebelum melakukan pembedungan konsultasikan dengan dokter anak atau bidan,fisioterapi atau tenaga kesehatan yang tahu dan paham dengan pembedungan,sehingga faktor-faktor yang tidak diinginkan bisa diabaikan.

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: