SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

NYERI PUNGGUNG DAN PENYEBABNYA

Nyeri Punggung Bawah
Dari : Jowir
Fisioterapis anda


Gambaran :
Jika anda menderita nyeri punggung, anda tidak sendirian mengalaminya. Empat dari lima orang dewasa mengalami gejala nyeri punggung bawah paling sedikit sekali dalam hidupnya. Punggung adalah bangunan yang komplek tersusun dari 33 tulang belakang, lebih dari 30 otot, ligament (penguat sendi) yang banyak, terdiri dari bermacam-macam sendi dan terdapat discus (bantalan sendi) ditiap ruas tulangnya. Dari keterangan diatas dapat anda pahami bahwa ada banyak unsur yang menyebabkan ketidak nyamanan jika terjadi cidera pada punggung.

Cidera pada punggung atau nyeri punggung dapat dicegah dengan melakukan stretching (penguluran) secara rutin. Penguluran pada otot punggung dapat mengurangi frekuensi nyeri punggung. Penguluran otot punggung sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur atau baik juga dilakukan dimalam hari sebelum tidur. Kebanyakan orang memperoleh faedah dari pelaksanaan streeching secara teratur, bagaimanapun juga sebelum anda melaksanakan program latihan (olahraga) diskusikan rencana program anda terlebih dahulu dengan dokter yang berkompeten.
Ketika melakukan program streeching sebaiknya anda melakukan olahraga sampai berakhir baru anda lakukan stretching secara perlahan dan benar.
Anda seharusnya tidak mengalami nyeri hebat atau ketidaknyamanan yang berarti pada punggung jika anda melakukan penguluran rutin dan benar. Dalam kasus ini, bila anda melakukan penguluran terlalu jauh dari batas penguluran yang wajar akibatnya otot terasa nyeri dan cidera dapat terjadi. Hindari gerakan yang memantul pada penguluran, jaga agar gerakan perlahan dan lembut. Setelah selesai melakukan penguluran dianjurkan meminum banyak air.

Tehnik angkat angkut dan bekerja secara ergonomis adalah dua hal penting untuk menghindari cidera punggung.Jangan pernah mengangkat benda yang terlalu berat dengan menggunakan otot punggung kamu! Tetapi gunakan otot kaki (lebih kuat) untuk mengangkatnya. Ketika duduk dikursi untuk waktu yang lama, luangkan untuk berjalan sebentar dan pastikan otot punggung anda juga beristirahat selain itu gunakan pula peralatan yang tepat untuk adaptasi seperti sandaran lumbal untuk menjaga posisi punggung yang benar.

Penyebab nyeri punggung :

1. Ketegangan otot
Yang paling banyak menyebabkan nyeri punggung adalah ketegangan otot. Ini terjadi ketika adanya tekanan kuat yang tidak terduga pada otot punggung, keseleo atau tarikan pada satu atau beberapa otot punggungakan mengakibatkan nyeri punggung karena otot punggung terdiri lebih dari satu otot. Otot terasa nyeri sehingga punggung merasakan nyeri pula.

2.Ketegangan pada penguat sendi
Ketegangan penguat sendi adalah penyebab umum lainnya yang menyebabkan nyeri punggung, ini terjadi ketika penguat sendi punggung terulur secara berlebihan. Dampak lebih jauh bila penegangan penguat sendi ini diabaikan adalah terjadinya ketegangan otot.

3. Herniasi pada discus (bantalan sendi )
Herniasi pada bantalan sendi menyebakan nyeri punggung karena adanya penekanan pada syaraf spinal dimana syaraf tersebut keluar dari columna spinal, ini terjadi biasanya sebagai hasil dari gerakan getaran kuat yang berulang pada punggung (dilami oleh sopir truck atau orang yang mengangkat beban yang berat secara tiba-tiba tanpa mengindahkan tehnik angkat-angkut yang benar) cidera ini menghasilkan nyeri punggung tipe radikuler yang mana nyeri tepat pada cidera dan bila dibiarkan lama akan berpengaruh pada syaraf. Sciatica adalah contoh dari nyeri punggung tipe radikuler.

4. Osteoporosis
Osteoporosis umumnya menyebabkan nyeri punggung pada wanita. Sifat dari penyakit ini adalah penurunan kepadatan tulang secara progresif. Hasilnya terjadi penipisan pada jaringan tulang, sehingga dampaknya mudah terkena patah tulang atau kerusakan tulang.

Demikian sedikit uraian dari kami semoga bermanfaat

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: