SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

PENGUATAN OTOT PERUT DAN PUNGGUNG

Penguatan Core ( Inti ) Dan Postur Yang Baik

Dari : Jowir

Fisioterapis Anda




Gambaran :
Jika anda mengikuti olagraga dan fitness, anda pasti pernah mendengar kata “core strength”. Core strength ditujukan pada otot perut bawah dan otot tulang punggung anda dan otot tersebut penting dalam membantu menjaga kestabilan postur, tubuh dan untuk keseimbangan. Mengingat begitu pentingnya otot tersebut dalam aktivitas kita maka harus ada upaya untuk menjaga kestabilan dan kekuatannya. Kemudian bagaimanakah cara menguatkan otot core? sejauh mana penguatan otot tersebut dapat mengurangi nyeri punggung ? Dan bagaimana cara menguatkan otot perut bawah.



Otot utama yang termasuk kategori core

Sebelum melakukan latihan terhadap otot core alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu anatomy dan letak dari otot tersebut. Serta otot manakah yang dikategorikan sebagai otot core. Dibawah ini akan saya sedikit terangkan tentang otot yang termasuk kategori core,letak dan fungsinya, diantaranya adalah :
1. Transverus abdminalis, adalah otot perut yang terdalam, letaknya dibawah obliqus (otot pinggang anda) fungsinya seperti sabuk tubuh, melingkari tulang punggung dengan tujuan melindungi dan menjaga kestabilan punggung tersebut dan merupakan otot yang terpenting.
2. Obliqus externus, otot ini berada disamping dan depan otot perut, disekitar pinggang anda.
3. Obliqus internus, otot ini terletak dibawah obliqus externus, bekerja berlawanan dengan obliqus externus.
4. Rectus abdominalis, otot rectus abdominalis adalah otot yang panjang terbentang disepanjang perut depan berfungsi untuk melakukan gerakan menekuk punggung kedepan/fleksi punggung
5. Erector spinalis, merupakan kumpulan dari tiga otot panjang dari leher anda sampai punggung bawah
dan berfungsi untuk menjaga kestsbilan punggung/menegakkan punggung anda

Pastikan bahwa target yang dilatih dalam latihan penguatan adalah otot diatas. Akan tetapi otot-otot perut tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya (otot tersebut bekerja bersama-sama dalam setiap latihan). Untuk itu jangan pernah menguatkan satu otot perut dan melupakan otot perut lainnya berarti dalam melakukan latihan harus seimbang.


Penguatan core dan nyeri punggung
Ketika otot core lemah atau tidak seimbang (anda menguatkan otot rectus abdominalis tetapi melupakan penguatan otot tranversus abdominalis) maka anda akan mengalami nyeri punggung. kenapa..? karena otot tersebut bekerja secara bersama-sama, bila otot yang satu kuat sedang otot yang lain lemah maka sebagai kompensasinya otot yang lemah dipaksa untuk mengimbangi kerja dari otot yang kuat tersebut untuk itu latihan yang seimbang adalah jalan keluarnya. Banyak dari kita mengalami nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh:
1. Spasme dan ketegangan otot
2. Sciatica (nyeri sepanjang punggung bawah sampai kaki)
3. Herniasi discus (bantalan sendi )
4. Cedera pada punggung
5. Fibromyalgia (Nyeri otot karena fibrotik)
6. Osteoartritis (radang pada sendi)


Nyeri punggung umumnya disebabkan oleh banyaknya otot yang mengalami kontraksi dan rileksasi bersamaan pada saat berdiri dan bergerak. Tendons yang melekatkan otot ketulang dan ligament yang menahan tulang punggung bekerja bersama-sama dan otot yang melindungi tulang punggung dan menahan tubuh anda dari beberapa posisi. Jika semua yang disebutkan diatas sehat dan kuat, maka anda akan merasa enak juga. Tetapi jika semuanya lemah, maka postur anda akan buruk dan satu bagian dari punggung anda akan terasa tegang.
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: