SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN

Sukses Menurunkan Berat Badan No. 1 : Olahraga
Dari Paige Waehner,
Modifikasi :Jowir



Sambungan dari artikel pertama
Yakinlah tidak ada latihan khusus untuk anggota NWCR. Dilaporkan bahwa laki-laki membakar kira-kira 3.293 kalori per minggu sedangkan wanita membakar kalori kira-kira 2.545 per minggu. Para anggota melak
ukan aktivitasnya dengan menggunakan intensitas moderate (sedang) setiap harinya, dengan menggunakan level 5 pada Perceived Exertion Scale (Derajad yang dirasakan saat pengerahan tenaga) yang derajad latihannya dapat anda lihat di bawah. Ketika berolahraga, hal yang penting adalah mencatat intensitas latihan untuk meyakinkan langkah olahraga anda, apakah olahraga tersebut cukup untuk membantu mencapai tujuan, tetapi jangan terlalu memberatkan kerja paru – paru anda. Salah satu cara untuk mencatat intensitas latihan dengan menggunakan perceived exertion scale. Pada umumnya, untuk olahraga yang paling banyak adalah dengan menggunakan level 5-6. Jika anda menggunakan interval training (latihan dengan intensitas berubah-ubah tetapi pola latihan sama), anda harus menggantinya pada level 4-5 dan untuk aktivitas yang keras biasanya sampai level 8-9. Dan level 10 tidak direkomendasikan untuk olahraga pada umumnya. Untuk latihan yang lama, pelan gunakan PES pada level 5 atau dibawahnya.

Perceived Exertion Scale (PES):
• Level 1: saya melihat TV dan memakan bon bons (snack ringan)
• Level 2: saya merasa nyaman dan bisa memelihara latihan ini sepanjang hari
• Level 3: saya masih nyaman,tetapi nafas saya sedikit lebih cepat
• Level 4: saya sedikit berkeringat,tetapi masih nyaman dan masih bisa bercakap-cakap
• Level 5: saya masih nyaman seperti diatas,saya lebih berkeringat dan masih mudah tuk berbicara
• Level 6: saya masih bisa berbicara, tetapi nafasku berkurang sedikit
• Level 7: saya masih bisa berbicara,tetapi saya tidak menginginkannya dan keringat saya bercucuran
• Level 8: saya masih merespon pertanyaanmu dan masih bisa memelihara latihan ini untuk jangka waktu yang pendek
• Level 9: saya mungkin menuju kematian
• Level 10 : saya mati

Bentuk Olahraga yang paling popular adalah berjalan tetapi banyak juga yang melakukan angkat beban, naik sepeda dan juga aerobic. Olahraga pada level 5 ini dianjurkan untuk menurunkan berat badan.
Apa yang dapat kita pelajari dari bentuk latihan diatas adalah bahwa untuk langkah pertama kali adalah ambillah beberapa latihan untuk menurunkan berat badan daripada terus berfikir. Tetapi bukan berarti anda berpikir terus menerus (teliti) tiap malam untuk mendapatkan latihan yang tepat.

Menciptakan Kebiasaan Latihan Anda
Sebelum anda panik karena mencoba untuk mendapatkan waktu latihan setiap harinya,ini sangat penting untuk dipahami bahwa tiap anggota NWCR tidak memulainya dengan latihan yang banyak.
Ambillah waktu yang sesuai dengan kondisi tubuh anda, pelajari latihan yang anda sukai dan bentuk badan yang sesuai dengan gaya hidup anda. Berikanlah ijin dirimusendiri untuk mengambil waktu tersebut dan mencoba dengan berbagai latihan yang berbeda. Membuat jadwal dan rutinitas latihan diperlukan karena latihan ini untuk jangka waktu lama bukan sekedar untuk beberapa hari atau minggu.
Latihan dasar yang rutin termasuk didalamnya cardio,latihan penguatan dan fleksibility membantu anda membakar kalori,membentuk otot dan menjaga fleksibilitas jaringan lunak.

Membuat Program Untuk Dirisendiri
Buatlah program untuk diri senidiri karena andalah yang tahu diri anda sendiri dan program yang anda buat mungkin tidak membuat anda merasa tertekan. dibawah ini masukan tentang poin-poin yang harus ada jika anda membuat program sendiri.
• Mulailah dengan Program Cardio. Tahapan demi tahapan latihan ini mengajari bagaimana menyenangi program dasar cardio
• Mulailah Dengan Latihan Penguatan
• Latihan Fleksibilitas (kelenturan)
• Membuat Program Latihan Lengkap

Tips and Triks Latihan
• Memisahkan rutinitas anda. Memisahkan seluruh latihan setiap hari dan anda akan memperoleh penurunan berat badan dan keuntungan tetap sehat
• Modifikasi intensitas anda. Jika anda pekerja keras,anda dapat memendekkan laithan anda untuk itu modifikasi intensitas anda untuk memperoleh waktu extra dalam jadwal latihan anda
• Anda dapat memasukkan aktivitas lainnya. Menyusun latihan memang penting,tetapi kegiatan umum dapat juga membakar kalori anda
• Anda dapat mengambil waktu anda. Penurunan berat badan secara permanen adalah proses yang perlahan-lahan dan merubah kebiasaan buruk. Berikan waktu pada diri anda untuk menentukan bagaimana membuat perubahan ini dan berikan waktu pada tubuh anda untuk menurunkan berat badan. (bersambung...)
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: