SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

ATURAN DALAM BEROLAHRAGA

Petunjuk Olahraga Yang Aman

• Selalu Gunakan Peralatan yang Tepat. Ganti sepatu olahraga anda sesuai dengan standar sepatu olaraga. Memakai baju yang nyaman, baju yang sesuai ukuran tubuh sehingga tidak menggangu gerakan dan menyerap keringat. Ketika anda berlahraga pada cuaca yang dingin, pakailah pakaian yang gak tebal (berlapis).

• Pemanasan untuk mempersiapkan tubuh dalam berolahraga, sebelum anda melakukan stretching (penguluran). Larilah ditempat untuk beberapa menit, nafas secara perlahan – lahan dan nafas yang dalam atau perlahan – lahan berlatih gerakan olahraga yang diikuti. Pemanasan meningkatkan kenerja jantung dan tekanan darah selain itu melonggarkan/mengendurkan otot, tendon, ligament dan persendian anda sehingga siap untuk berolahraga.

• Lakukanlah penguluran secara perlahan- lahan dan berhati – hati sampai anda meraih titik tegang otot (muscle tension). Tahan setiap penguluran selama 10-20 detik, kemudian secara perlahan –lahan dan berhati-hati lepaskanlah. Ambil nafas ketika melakukan penguluran dan buang nafas setelah selesi penguluran. Lakukanlah setiap penguluran sekali saja. Jamngan pernah melakukan penguluran pada tempat/otot yang nyeri dan jangan pernah melakukan penguluran dengan memaksa otot untuk diulur secara maksimal.


• Luangkan Waktu ketika berolahraga. Gerakkan seluruh tubuh secar penuh sesuai dengan fungsinya (full ROM) pada setiap pengulangan. Nafas yang teratur membantu menurunkan tekanan darah dan membantu meningkatkan asupan darah keotak.

• Minum Air yang Cukup untuk mencegah dehidarsi, mengurangi kelelahan dan mengurangi tekanan. Minum 0.5liter air kira-kira 15 menit sebelum memulai olahraga dan selebihnya setelah cooling down. Minumlah setelah 20 menit olahraga atau selama berolahraga

• Mengakhiri olahraga dengan cooling down, ini seperti melakukan pemanasanan pada awal olahraga. Bergerak secara perlahan-lahan dan mengurangi intensitas dari gerakan kira-kira 10 menit sebelum olahraga berakhir.setelah selesai melakukan coling down maka kulit akan kering (dari air keringat) maka tubuh akan kembali ke saat sebelum latihan.

• Jadwal harian yang teratur dari olahraga dan berhenti ketika lelah. Kecapekan, kesakitan dan nyeri adalah alasan yang tepat untuk tidak melakukan lahraga

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: