SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

NYERI PUNGGUNG KARENA PIRIFORMIS SYNDROME

Piriformis Syndrome
Dari : Laura Inverarity, D.O.
Modifikasi : Jowir

Gambaran dan Gejala:
Piriformis syndrome adalah kondisi sebagai hasil ketika otot piriformis menekan saraf sciatic dan mengiritasi serabut syaraf. Dan kondisi seperti ini akan menimbulkan nyeri dimulai dari daerah pantat dan berjalan lurus kebawah pada area belakan kaki. Gejala yang sering terjadi adalah nyeri ketika duduk, menaiki tangga, merangkak, berjalan dan berlari. Syndrome ini tidak begitu umum dan hanya terjadi karena sciatica.
Otot Piriformis :
Otot piriformis adalah otot yang kecil yang letaknya di daerah pantat dibawah otot gluteal ( otot pantat). Otot ini membantu gerakan abduksi/mengangkat hip kesamping dan gerakan eksternal rotasi sendi hip. Syaraf sciatic tertutup oleh otot piriformis, sebagai hasilnya ketika otot piriformis tegang maka ketegangang tersebut menekan syaraf sciatica juga sehingga piriformis syndrome terjadi

Penanganan Pada Piriformis Syndrome
Dibawah ini cara menangani piriformis syndrome yaitu :
1) memberikan modalitas fisioterapi berupa (IR atau hotpack)
2) Gentle massaga pada area yang terkena
3) Memberikan penguluran pada daerah yang terkena
4) Penguluran secara manual oleh physioterapis





Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: