SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

OSTEOARTHRITIS PADA SENDI TUBUH

Osteoarthritis

dari jowir ( fisioterapis anda )

Osteoarthritis adalah penyakit degenerative sendi yang sering terjadi pada sendi lutut, panggul, tangan, kaki dan tulang belakang.

Faktor Resiko:

1. Lanjut Usia. Osteoarthritis sering terjadi pada orang yang sudah lajut usia.

2. Wanita. Osteoarthritis sering dijumpai pada seseorang dengan jenis kelamin perempuan (meskipun demikian osteoarthritis sering menimpa juga pada laki-laki pada usia dibawah 45 tahun).

3. Kegemukan. Semakin bertambahnya berat tubuh mengakibatkan meningkatnya resiko terkena osteoarthritis.

4. Cedera Pada Sendi. Cedera sendi pada olahraga atau cedera yg berulang-ulang pada sendi dapat meningkatkan resiko terjadinya Osteoarthritis.


Gejala:

Gejala osteoarthritis sangat perlahan-lahan dan nyeri semakin hari semakin memburuk atau bertambah. Nyeri pada osteoarthritis digambarkan sebagai berikut :

a. Kekakuan pada sendi

b. Nyeri timbul saat aktivitas dan nyeri berkurang saat istirahat.

c. Nyeri kadang-kadang timbul dan kadang-kadang hilang dengan sendirinya.

d. Terjadinya peningkatan sensasi ketika sendi bergerak.

e. Adanya pertumbuhan tulang yang tidak wajar pada daerah pinggiran sendi

Diagnosis:

Osteoarthritis selalu didiagnosis berdasarkan dengan physical exam dan hasil dari x-rays, selain itu dokter juga bisa mengambil sampel dari cairan synovial pada sendi untuk memperkuat diagnosis osteoarthritisis.


Perawatan
Tidak ada obat untuk osteoarthritis tetapi ada cara untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan flexibilitas, meningkatkan kualitas gerakan sendi dan kualitas hidup. Perawatan yang bisa anda pilih adalah :


1. Pengaturan gaya hidup dan perawatan dengan menggunakan non-medication bersama Fisioterapi. Dalam kasus ini fisioterapi akan mendesign beberapa latihan dan gerakan untuk memepertahankan fleksibilitas otot, meningkatkan lingkup gerak sendi, memeperkuat otot dan pengurangan nyeri. Fisioterapi juga bisa membantu menurunkan berat badan anda dan memberikan tips seputar osteoarthritis.

2. Obat-obatan, termasuk didalamnya untuk mengurangi nyeri seperti acetaminophen, corticosteroid injections, and hyaluronic acid injections.

3.Operasi disarankan untuk kasus osteoarthritis yang parah yang mana dengan pengobatan seperti diatas tidak memberikan efek yang begitu nyata.

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: