SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Bagaimana dengan Mesin Pencari Lain?

Artikel pertama untuk tahun yang baru. :) Pada artikel sebelumnya tentang faktor-faktor yang dinilai oleh Google, sudah dijelaskan 3 faktor apa saja yang menjadi ukuran ‘kualitas’ oleh Google. Pada tulisan kali ini saya akan merangkum apa yang menjadi faktor pemeringkatan utama, baik di Google maupun di mesin pencari lainnya.

Yahoo, MSN (Bing), dll.

google-vs-yahoo-vs-others-2008Dominasi Google menempatkan Yahoo dan Bing pada posisi terpenting kedua dan ketiga dalam upaya SEO yang kita lakukan (Ask yang menempati posisi keempat, hanya menguasai hampir 5% total pasar pencarian).

Ada satu pemikiran yang menarik – karena banyak laporan yang mengatakan lebih mudah untuk mendapat ranking dan menguasai halaman SERP di Yahoo dan Bing, daripada ‘menguasai’ Google.

Saya sendiri berpendapat bahwa itu tergantung pada strategi SEO yang diterapkan. Ada banyak website yang menerima mayoritas trafik dari Google, dan hampir tidak ada trafik-nya yang berasal dari Yahoo atau Bing. Ada juga banyak website yang mendapat ranking tinggi di Yahoo, tapi cukup rendah di Google. Perbedaan yang saya lihat hanya dari cara mempromosikan situs-situs tersebut dan metode link building yang digunakan.

Mana yang lebih penting/bernilai?

Google menguasai lebih dari 50% (sepertinya angka ini masih akan terus naik dan mungkin lebih tinggi lagi saat anda membaca artikel ini) dari semua trafik pencarian, jadi menurut saya ‘menguasai’ Google punya nilai lebih.

Mana yang lebih mudah dioptimasi?

Dunia SEO umumnya sepakat bahwa Google lah yang paling sulit di-optimasi. Saya sendiri berpendapat pernyataan tersebut kurang fair, terutama karena kebanyakan pejuang SEO (minjem istilah Pak Dokter) menggunakan strategi-strategi yang ‘kadaluarsa’ dan terlalu memperhatikan hal-hal yang Google sendiri tidak anggap penting lagi dalam 3-4 tahun ini.

Cara lama masih memungkinkan anda mendapat ranking bagus di Google, tapi dengan metode ‘jadul’ ini peluang anda justru lebih baik di Yahoo dan mesin pencari lainnya daripada di Google.

Justru pertanyaan besarnya adalah – faktor ranking apa yang digunakan ketiga mesin pencari utama, dan bagaimana kita sebagai webmaster dapat menggunakannya untuk situs kita?

Pertanyaan kedua akan terjawab di Panduan SEO ini. Pertanyaan pertama dapat ditemukan jawabannya pada artikel tentang Google vs Yahoo vs MSN (in English).

Memantau Perkembangan di Dunia Pencarian

Ada beberapa website yang memantau perkembangan di dunia mesin pencari secara lengkap dan up-to-date, kita tinggal pantau saja website tersebut (tidak, saya tidak mempromosikan website saya sendiri :D ).

Favorit saya adalah 3 situs di bawah ini (ketiganya dalam Bahasa Inggris):

Search Engine Land – Menyediakan reportase lengkap. Kontributor utamanya Danny Sullivan dan Barry Schwartz, didukung banyak kontributor lainnya seperti Eric Ward, Gord Hotchkiss, Greg Sterling, Bill Slawski, dll.

Search Engine Roundtable – topik-topik dan diskusi terbaik dari dunia pencarian (terutama dari berbagai forum), oleh Barry Schwartz.

Search Engine Journal – Kombinasi reportase dunia pencarian dan tutorial SEO, punya layanan SEO Clinic, yang menyediakan konsultasi gratis dua kali dalam sebulan. Oleh Loren Baker.

Sementara 3 itu dulu, tiga itu saja pasti akan membuat anda sibuk menyelami dunia SEO.

Kalau anda butuh sumber bacaan yang lebih berbobot, silakan kunjungi SEO by the Sea oleh Bill Slawski yang berisi analisanya tentang berbagai algoritma dan teknologi pemeringkatan yang dipatenkan oleh Google, Yahoo, dan MSN (Bing). Bacaan yang bagus, tapi menurut saya bukan bacaan yang cocok kalau anda tidak tertarik untuk terlibat secara profesional dalam SEO.

Artikel selanjutnya akan mendalami faktor-faktor pemeringkatan (ranking factors) dan alasan kenapa faktor-faktor tersebut penting (dan kenapa akan tetap penting jauh di masa yang akan datang). Stay tuned!

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: