SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Strategi Diversifikasi Dalam SEO


Search Engine Optimization (SEO) adalah proses untuk mengarahkan trafik pengunjung dari mesin pencari ke sebuah website. Proses ini tidak mungkin dimengerti kalau belum paham bagaimana cara kerja mesin pencari. Secara khusus, sebelum belajar SEO, kita harus mengerti dulu:
  • Bagaimana mesin pencari membaca (meng-indeks) website
  • Bagaimana mesin pencari memberi peringkat/ranking
  • Kenapa mesin pencari mengubah algoritma pencarian
  • Bagaimana (dan kapan) mesin pencari mengubah algoritma

Poin 1 dan 2 relatif mudah dipahami (poin 2 adalah alasan kenapa industri SEO berkembang). Ada banyak informasi salah, tapi selama anda punya sumber yang tepat, mempraktekkan sendiri dan belajar menyaring yang perlu dan tidak, anda akan punya gambaran tentang bagaimana mesin pencari memberi peringkat.

Poin 3 dan 4 memberi banyak kesulitan bagi SEO, terutama karena:

  • Perubahan pada algoritma bisa membuat peringkat sebuah situs berubah, dan ada kemungkinan situs anda kehilangan peringkatnya yang sudah tinggi.
  • Tidak tahu kapan mesin pencari meng-update algoritmanya (setidaknya sampai anda melihat perubahan yang jelas atau seseorang di forum mulai membahasnya) berarti anda sebagai webmaster tidak akan pernah tahu kapan perubahan pada mesin pencari akan berefek negatif.

Ketidakpastian pada mesin pencari, artinya bila trafik dari mesin pencari adalah satu-satunya sumber trafik website anda, dan website anda adalah satu-satunya sumber penghasilan, maka hidup anda tergantung pada kehendak Google.

Ini tentu saja menakutkan, dan ketakutan ini yang menyebabkan ‘kepanikan’ yang sering (atau akan) anda lihat di berbagai forum SEO saat membahas tentang update mesin pencari.

“Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang”, jangan mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja. Kalau trafik kunjungan situs anda sebagian besar berasal dari mesin pencari, lakukan diversifikasi; tingkatkan trafik dari forum dan situs lainnya, bangun juga sebuah readership. Kalau income utama anda dari AdSense, diversifikasi dalam bentuk lain seperti affiliate marketing, membuat produk sendiri, dll.

Dan kalau semua penghasilan anda berasal dari dunia online, diversifikasikan lebih lanjut dengan penghasilan dari dunia offline.

Prinsip-prinsip smart money-making tetap berlaku, dan melampaui batasan-batasan offline / online. Sekali lagi:

JANGAN pertaruhkan semua modal (materil dan imateril) pada satu website, satu jenis trafik, dan satu sumber atau satu jenis penghasilan. Lakukan diversifikasi.

Hal penting berikutnya yang harus dicatat adalah:

Kalau anda paham apa yang diinginkan mesin pencari, maka membuat rencana ke depan dan mengelola kampanye SEO anda akan lebih mudah sehingga setiap ‘update’ dapat menguntungkan ranking situs anda.

Coba pikir lagi – biasanya pada setiap update para webmaster sibuk mencari tahu apakah situs mereka kehilangan peringkat #1 nya atau tidak. Bagaimana kalau anda bisa membuat sebuah sistem yang menguntungkan posisi situs anda, tidak peduli perubahan algoritma apa yang terjadi di Google atau Yahoo.

Hal tersebut yang akan menjadi tema utama seluruh panduan SEO ini, dan menjadi salah satu target utama yang telah saya putuskan untuk dicapai di blog ini.

Pantau terus dan jangan lupa subscribe biar tidak ketinggalan.

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: