SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Terapi Lupus

acupuncturePengobatan standar untuk penyakit lupus dapat menimbulkan penyakit pencernaan dan efek samping-efek samping lainnya, sehingga beberapa penderita lupus mencoba ke akupunktur, suplemen-suplemen vitamin dan alternatif-alternatif lainnya.

Tidak ada penyembuhan bagi lupus, sebuah penyakit otoimun yang menyerang sekitar 1.5 juta orang-orang Amerika dan 5 juta orang-orang di seluruh dunia. Seperti penyakit otoimun lainnya, lupus menyebabkan sistim kekebalan tubuh menyerang organ-orang, jaringan dan tulang-tulang sendinya sendiri

Tujuan dari pengobatan lupus ada dua sisi: menekan sistim kekebalan tubuh secukupnya agar tubuh tidak dirusak, tetapi tidak terlalu menekan sehingga penderita lupus menjadi rentan terhadap penyakit-penyakit yang seharusnya dicegah oleh sistim kekebalan tubuh.

Sebagaimana yang mungkin bisa anda bayangkan, ini adalah keseimbangan yang tipis untuk mencapai dan merupakan alasan "yang seringkali menjadi sangat sulit untuk mengobati lupus," catat Prakash Nagarkatti, PhD, direktur National Center for Complementary and Alternatif Medicine (NCCAM) Center for CAM Research on Autoimmune and Inflammatory Diseases.

Pengobatan Lupus: Masalah-masalah mengelola rasa sakit

Karena tidak ada penyembuhan bagi lupus, kebanyakan pengobatan lupus berupa mengelola gejala-gejalanya. Ciri khas dari tanda-tanda lupus adalah peradangan, yang menyebabkan pembengkakan pada tulang-tulang sendi dan sakit dan juga dapat merusak organ-organ di seluruh tubuh. Penderita lupus, 90%-nya adalah wanita, yang biasanya menangani rasa sakit pada tulang sendi dengan mengkonsumsi obat-obatan non-steroidal anti-inflammatory (NSAID).

Meskipun NSAID sering efektif dalam mengontrol rasa sakit, namun jika dikonsumsi secara teratur dan dalam dosis tinggi, dapat menimbulkan masalah-masalah lain.

"NSAID menyebabkan banyak racun dalam saluran pencernaan," seperti iritasi perut dan bahkan pendarahan dalam beberapa kasus, kata Nagarkatti. "Sehingga masalahnya adalah jika anda mengkonsumsi dosis tinggi, anda mendapatkan efek sampingnya, tetapi jika anda tidak mengkonsumsi dalam dosis tinggi, rasa sakit anda tidak mereda. Itulah mengapa penderita-penderita lupus kemudian tertarik pada terapi-terapi pelengkap."

Pengobatan Lupus: Cara-cara lain dalam mengelola rasa sakit

Beberapa orang mendengar kata-kata "obat-obat pelengkap" dan berpikir ini asing dan eksotik. Banyak terapi-terapi pelengkap sebenarnya sudah lebih terkenal dari yang anda kira.

Pertimbangkan:

- Makanan. Lupus juga merupakan kondisi medis yang pengaruh-pengaruhnya dapat diimbangi dengan keseimbangan makanan yang baik. "Obesitas terhubung dengan peradangan," demikian yang diteliti oleh Nagarkatti. "Mengurangi asupan kalori, dan mengkonsumsi lebih sedikit protein dan lemak, dapat bermanfaat bagi penderita lupus." catatnya. Tidak hanya mempertahankan berat badan untuk meminimalkan peradangan, tetapi juga meringankan stres akibat berat badan dan tekanan pada tulang-tulang sendi.

- Akupunktur. Sejauh ini, pembuktiannya masih terbatas, tetapi beberapa data menyimpulkan bahwa akupunktur dapat membantu dalam mengobati lupus. Sebuah penelitian baru-baru ini mendapati bahwa sedikitnya 10 sesi akupunktur dapat berguna dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh lupus.

- Suplemen-suplemen. Beberapa suplemen, seperti vitamin E dan A, minyak ikan, minyak primrose, minyak flaxseed dan SAMe (S-adenosylmethionine), telah menunjukkan memiliki properti-properti anti-radang dan dapat membantu memperbaiki gejala-gejala lupus. Bicarakan dengan dokter anda terlebih dahulu sebelum mulai mengkonsumsi suplemen-suplemen apapun karena beberapa suplemen dapat mengganggu obat-obatan anda yang lain.

Suplemen-suplemen yang lain lagi yang kami dengar banyak dalam beberapa tahun ini adalah resveratrol, sebuah bahan-bahan alami yang ditemukan pada kulit anggur merah. Resveratrol juga ditemukan dalam minuman anggur merah, yang mana resveratrol itu sendiri telah terhubung dengan pengaruh-pengaruh anti-radang. Para peneliti saat ini secara khusus mempelajari resveratrol akan kemungkinannya sebagai pengobatan lupus karena kualitas-kualitas anti radangnya. "Percobaan-percobaan klinis sedang berlangsung sehingga hal ini masih dalam tahap eksperimen," kata Nagarkatti, "tetapi ini adalah sesuatu yang kami bersemangat karenanya dan melihat untuk ke depannya."

- Pemijatan. Beberapa orang yang memiliki rasa sakit yang kronik akan tulang-tulang dan sendi akibat lupus mendapati bahwa memijat itu menolong. Memijat dapat memperbaiki sirkulasi dan membantu meringankan tulang sendi yang kaku. The Lupus Foundation of America Foundation mencatat, bagaimanapun, bahwa jika anda menderita lupus yang berkenaan dengan kulit, atau lupus yang terutama mempengaruhi kulit, maka anda sebaiknya menghindari pemijatan yang intens yang dapat menyebabkan memar atau bahkan pendarahan di bawah kulit. Jika anda memutuskan untuk menggunakan pemijatan profesional sebagai bagian dari terapi lupus anda, pastikan menggunakan terapi pijat yang bersertifikat dan, jika memungkinkan, yang sudah terbiasa dengan kondisi lupus.

- Yoga. Praktek kuno dari yoga dapat membantu penderita lupus mengurangi stres dan mempertahankan tulang sendi tetap lentur. Jika anda baru dalam yoga, carilah DVD untuk pemula atau kelas-kelas pemula untuk yoga di tempat kebugaran setempat anda. Sebelum memulainya, bicarakan dengan instruktur anda mengenai setiap batasan atau larangan khusus yang mungkin anda miliki karena gejala-gejala tulang sendi anda.

- Meditasi. Juga merupakan sebuah praktek kuno, meditasi berguna dalam kemampuan pikiran untuk mengontrol tubuh dan dapat digunakan dalam pengobatan lupus untuk mengontrol rasa sakit, mengurangi stres dan memperbaiki rasa kesejahteraan.

- Chiropractic. Terapi ini mengandalkan manipulasi pada tulang belakang anda untuk memperbaiki mobilitas tulang-tulang sendi anda dan mengurangi rasa sakit. Para praktisi terapi Chiropractic harus melalui pelatihan dan ujian bersertifikat, dan perawatan chiropractic sering ditanggung asuransi. Meskipun demikian, ke-efektifan dari terapi chiropractic sebagai pengobatan lupus masih kontroversial.

Pengobatan lupus: Pencegahan-pencegahan

Penderita lupus sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mencoba terapi-terapi pelengkap atau alternatif apapun, khususnya herbal dan suplemen, dimana adanya keterbatasan bukti yang tersedia atas manfaat-manfaat dan efek samping-efek sampingnya. "Beberapa hal ini dapat bereaksi berlawanan dengan obat-obatan atau menyebabkan masalah-masalah racun lainnya," demikian diperingatkan oleh Nagarkatti. "Para penderita lupus harus memberitahukan dokter mereka mengetahui suplemen apa yang mereka konsumsi untuk memastikan bahwa suplemen tersebut tidak menghalangi manfaat dari obat-obat yang lain.

Dengan bekerja sama dengan dokter anda dan memberitahukan kepada dokter anda terapi-terapi pelengkap apapun yang ingin anda coba, anda sudah memastikan diri bahwa anda tidak sedang melakukan atau mengkonsumsi apapun yang membahayakan anda

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: