SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Miras Oplosan

Minuman alkohol yang terkenal dengan nama minuman keras adalah sebuah minuman yang membuat orang mabuk(pusing) kata orang meminumnya terasa plong bahkan tidak punya beban. Minuman keras oplosan adalah minuman keras yang ditambahkan suatu bahan-bahan lainnya. Minuman keras memang terasa kita tidak mempunyai masalah ketika meminumnya namun itu justru berbahaya bagi kesehatan. Masa muda memang masa penuh dengan tantangan, Selalu ingin mencoba hal-hal baru terutama menginjak SMP(Sekolah Menengah Pertama). Disinilah awal anak-anak diuji, awal merokok atau meminum-minuman keras biasanya berawal kumpul-kumpul, kumpul disini dalam tanda kutip .

Awalnya disuruh mencoba terlebih dahulu diberi dan diberi supaya orang tersebut kecanduan. Ya kalau sudah kecanduan bagaimana lagi? Ya harus beli bahkan nanti kita cenderung akan membelikan minuman untuk mereka, dari minuman beralih ke tingkat lebih tinggi pil ekstasi bahkan ganja. Minuman alkohol atau biasa disebut minuman keras merupakan zat psikopat yaitu golongan zat yang bekerja secara selektif terutama pada otak hingga dapat menimbulkan perilaku, emosi kognitif, persepsi, kesadaran, dan lain-lain. Metabolisme alkohol terjadi didalam hati bila diminum dalah dosis rendah, alkohol dihidrogenase menjadi asetaldehida (hampir 95% etanol menjadi asetaldehid dan asetat sedangkan 5% sisanya akan diekskresi bersama urin). Enzim ini membutuhkan seng(Zn) sebagai katalisator. Asetaldehida kemudian diubah menjadi asetil KoA, lagi-lagi oleh enzim dehidrogenase.

Kedua reaksi ini membutuhkan koenzim NAD. Ion H yang terbentuk diikat oleh NAD dan membentuk NADH. Asetil KoA kemudian, memasuki siklus asam trikarboksilik(TCA), yang kemudian menghasilkan NADH. Asetil KoA kemudian memasuki siklus asam trikarboksilik(TCA), yang kemudian menghasilkan , dan yang digunakan untuk membentuk adenosin tripospat(ATP) yaitu senyawa energi yang berperan sebagai cadangan energi yang mobile di dalam sel.

Bila alkohol yang diminum banyak, enzim dehidrogenase tidak cukup untunk memetabolisme alkohol menjadi asetaldehida. Sebagai penggantinya hati menggunakan sistem enzim lain yang dinamakan Microsomal Ethanol Oxidzng System(MEOS). Asetaldehida yang dihasilkan dari pemecahan alkohol oleh enzim dehidrogenase, manakala berinteraksi kembali dengan alkohol akan menghasilkan senyawa yang susunannya mendekati morfin. Hingga orang menjadi kecanduan atau alkoholik( orang yang meminum alkohol). Selain mendekati pada situasi mati konyol seperti kejadian di Indramayu hingga puluhan orang mati konyol akibat meminum-minuman keras oplosan, seandainya memiliki umur panjang alkoholik terancam rupa-rupa penderitaan.

Alkohol atau minuman keras dapat juga menyebabkan muka terlihat lebih tua, kusam, dan kurang gairah. Disisi lain alkoholik cenderung mempunyai simpanan besi (Fe) lebih banyak dari manusia normal, selain bisa menimbulkan rasa enek, muntah dan diare. Ancaman lain yang tidak mustahil diidap alkoholik(peminum alkohol) adalah kerusakan hati disebabkan faktor menutrisi alkohol yang terus menerus dikonsumsi, hal inilah yang menimbulkan OD( Over Dosis). Mengkonsumsi alkohol yang terus menerus akan berdampak pada rasio NADH/NAD. Kondisi ini menyebabkan terdongkraknya rasio laktat/piruvat, mengakibatkan hiperlaktisidemia serta menurunkan kemampuan ginjal untuk mengsekresikan asam urat.

Dengan demikian alkoholik, terutama yang sudah memiliki bibit penyakit asam urat bisa didera derita yang lebih hebat oleh penyakit tersebut.
Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat orang yang biasa mengkonsumsi alkohol minumnya, orang yang memberi minum, penjualnya, pembelinya, yang memeraskannya, yang meminta diperaskannya, yang membawa, dan yang dibawakannya”. Baru-baru ini dua mahasiswa asal Papua tewas akibat membeli miras berturut-turut diketahui mereka menenggak minuman keras tersebut dikosannya dan terakhir mereka membeli tiga botol Mansion dan dua buah botol kolesom. Bagi mereka hidup itu hanya dimanfaatkan untuk kesenangan sesaat. Masa depan mereka telah hancur. Ingatlah pada orang tua, mereka membiayai kita dengan susah payah demi menyekolahkan anaknya.

Bahan yang digunakan untuk mengoplos minuman keras
 
Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan minuman keras adalah bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Secara umum ada dua jenis tanaman yang sering dipakai, yaitu perasan buah (jus) dan biji-bijian, meskipun kadang-kadang nira atau tebu juga dipakai untuk minuman beralkohol tradisional. Perasan buah yang paling banyak dipakai adalah anggur, sedangkan biji-bijian yang banyak digunakan adalah barley, gandum, hope dan beras.

Dalam pembuatannya bahan-bahan tersebut kemudian difermentasi. Fermentasi adalah proses pengolahan yang menggunakan peranan mikroorganisme (jasad renik), sehingga dihasilkan produk-produk yang dikehendaki. Jasad renik adalah makhluk hidup yang sangat kecil, sehingga mata biasa tidak mampu melihatnya. Ia hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.
Mikroorganisme ada di mana-mana di sekeliling kita, seperti pada tanah, air, bahan makanan, bahkan melayang-layang di udara yang kita hirup setiap hari. Jenis mikroorganisme ini sangat banyak.

Dalam mikrobiologi pangan, kita mengenal tiga jenis jasad renik, yaitu kapang (jamur), bakteri dan khamir (yeast). Jamur dan bakteri lebih dikenal masyarakat karena juga berkaitan dengan penyakit. Kalau kita terserang penyakit kulit, seperti panu, kadas dan kurap, maka penyebabnya adalah sejenis jamur penyebab penyakit. Sedangkan bakteri banyak menyebabkan berbagai jenis penyakit menular, seperti TBC, Thypus, Colera, Desentri, dan sebagainya.

Akibat penyalahgunaan minuman keras


Tentunya semua minuman keras akan menimbulkan akibat bagi para pelakunya dan bagi lingkungan di sekitarnya. Berikut dalah beberapa akibat meminum minuman keras.
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: