SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Anatomi Dinding Perut



Dinding perut dibentuk oleh otot-otot dimana sebelah atas dibatasi oleh angulus infrasternalis dan disebelah bawah dibatasi oleh crista iliaca, sulcus pubicus dan sulcus inguinalis.

Otot-otot dinding perut tersebut terdiri dari otot-otot dinding oerut bagian depan, bagian lateral dan bagian belakang.

1) Otot Rectus Abdominis

Terletak pada permukaan abdomen menutupi linea alba, bagian depan tertutup vagina dan bagian belakang terletak di atas kartilago costalis 6-8. Origo pada permukaan kartilago kostalis 5-7, processus xyphoideus dan ligamen xiphoideum. Serabut menuju tuberculum pubicum dan simpisis ossis pubis. Insertio pada ramus inferior ossis pubis. Fungsi dari otot ini untuk fleksi trunk, mengangkat pelvis.

2) Otot Piramidalis

Terletak dibagian tengah diatas simpisis ossis pubis, di depan otot rectus abdominis. Origo pada bagian anterior ramus superior ossis pubis dan simpisis ossis pubis. Insertio terletak di linea alba. Fungsinya untuk menegangkan linea alba.

3) Otot Transversus abdominis

Otot ini berupa tendon menuju ke linea alba dan bagian inferior vagina musculi trecti abdominis. Origo pada permukaan kartilagi kostalis 7-12. Insertio pada fascia lumbo dorsalis, Labium internum crista iliaca, 2/3 lateral ligamen inguinale. Berupa tendoon menuju linea alba dan bagian inferior vagina musculi recti abdominis. Fungsi dari otot ini menekan perut , menegangkan dan menarik dinding perut.

4) Otot Obligus eksternus abdominis

Letaknya yaitu pada bagian lateral abdomen tepatnya disebelah inferior thoraks. Origonya yaitu pada permukaan luar kosta 5-12 dan insertionya pada vagina musculi recti abdominis. Fungsi dari otot ini adalah rotasi thoraks ke sisi yang berlawanan.

5) Otot Obligus internus abdominis

Otot ini terletak pada anterior dan lateral abdomen, dan tertutup oleh otot obligus eksternus abdominis. Origo terletak pada permukaan posterior fascia lumdorsalis, linea intermedia crista iliaca, 2/3 ligamen inguinale, insertio pada cartilago kostalis 8-10 untuk serabut ke arah supero medial. Fungsi dari otot untuk rotasi thoraks ke sisi yang sama.

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: