SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Palpasi Jaringan Lunak Rhomboideus Mayor dan Minor



Rhomboid adalah otot postural yang menyebabkan terjadinya retraksi dari scapula dan membawa shoulder ke arah posisi “bersiap”, sering terjadi seorang sekretaris duduk mengetik dalam waktu yang lama sehingga mengalami rasa nyeri yang terasa di insertio musculus rhomboid, nyeri ini biasanya disebabkan oleh adanya strain yang ringan pada otot.

Rhomboid berorigo sepanjang spina (C7 – T5) dan berbentuk oblique ke bawah dari scapula, insertionya pada sisi medial scapula. Kedua otot ini sukar dibedakan sehingga akan terpalpasi secara bersamaan. Perhatikan, untuk mempalpasi rhomboid dengan lokasi yang halus dan berbentuk triangular pada sisi medial scapula. Areanya berhadapan dengan T3 yang merupakan batas insertio musculus Rhomboid.

Rhomboid menyebabkan posisi tegak dan ini membedakan dari musculus trapezius yang ada di atasnya. Untuk memastikan hal ini, mintalah pasien untuk meletakkan tangannya dibelakang tubuh dengan elbow fleksi dan shoulder internal rotasi . Kemudian mintalah untuk mendorong ke posterior dan berilah tahanan pada gerakan ini, maka Rhomboid akan terpalpasi . Pertama, palpasi muscle bellynya yang oblique kemudian turunlah kebawah menyilang sekitar 2 inchi diantara processus spinosus dan sisi medial scapula . Kemudian palpasi musculus rhomboid pada spada sisi yang lainnya sebagai perbandingan.

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: