SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Tumbuh Kembang Embrional

Kategori Artikel : Fisioterapi Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang embrional dimulai dari konsepsi (minggu I) sampai lahir. Berikut ini dapat dilihat perkembangannya:

1. Minggu I
Dalam 1 siklus mens, ovum unfertilized dilepas dari salah satu ovarium. Fertilisasi harus sudah berlangsung antara 12-24 jam atau dibuang ikut mens berikutnya. Dalam tempo 3o jam telur fertilisasi membagi menjadi 2 sel kemudian terus tumbuh kembang menjadi sel bola. Sel dibagi dalam disebut embrio, bagian luar disebut plasenta.

2. Minggu II – III
Plasenta tumbuh cepat ke sekeliling uteri, lapisan luar kontak dengan darah ibu. Embrio konsisten tumbuh kembang sebagai flat disc dengan 2 sel tebal bagian luar disebut ectoderm, bagian dalam disebut endoderm dan diantaranya adalah mesoderm. Endoderm : kulit dan system saraf. Mesoderm: otot, tulang, jaringan connective dan darah. Endoderm : tractus digestivus dan organ dalam.

3. Minggu IV – VIII

Terbentuk Blue prit system organ ? masa kritis embrio. Embrio tumbuh kembang dari 5mm menjadi 30 mm kemudian ujungnya menjadi embrional. Jaringan saraf: Otak dan medulla spinalis dibentuk dari satu strip ectoderm sepanjang embrio. Ujung strip ectoderm melipat menjadi cekungan dan menutup menjadi tabung (neural tube) kompli pada usia 27 hari. Neural tube bagian kepala tumbuh kembang menjadi otak, bagian bawah menjadi medulla spinalis. Tumbuh kembang system saraf terus berlanjut hingga 1 tahun setelah lahir. Tumbuh kembang jantung, berawal dari tabung tunggal. Pada usia embrio 27 – 45 hari terbentuklah sekat-sekat jantung. Tumbuh kembang extremitas, usia embrio 5 minggu ekstremitas tumbuh kembang seperti dayung yang menjorok keluar dari batang embrio. Pada usia 6 minggu tangan sudah tampak sebagai lembaran jaringan, juga dijumpai adanya sel kartilago sebagai calon tulang ekstremitas. Blue print jari-jari terbentuk lengkap pada usia 8 minggu. System respirator, esophagus mulai terbentuk pada usia 4 minggu dari sisi anterior embrio ? respiratory diverticulum terus tubuh didada ujungnya membelah 2 jadi paru kanan dan kiri, usia 7 bulan sudah lengkap. Setelah 7 bulan bagian dalam paru-alveoli dilapisi phospolipid. Sebelum lahir paru terisi oleh cairan amniotic yang akan diserap darah secara cepat saat janin dilahirkan.

4. Minggu IX – bulan IX
Semua system organ terus tumbuh kembang hingga mature. Berat janin bertambah 50% dari berat saat dilahirkan. Bentuk mengarah lebih manusiawi. Reflex sucking ada mulai usia 5 bulan. Gerak buka mata usia 7 bulan.
5. Natal, bayi full – term lahir setelah 266 hari dari kosepsi (280 hari dari mens terakhir) dengan berat 3 kg – 3,5 kg panjang sekitar 50 cm. Bayi full – term lahir belum cukup umur ? small for date. Bayi belum full term lahir belum cukup umur ?prematur.

Sumber : Buku Fisioterapi Tumbuh Kembang Anak
Oleh : Suharto,S.Pd, M.Kes, RPT

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: