SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Tips Berobat Ke Dokter Syaraf

Dokter syaraf adalah dokter spesialis yang harus dikunjungi apabila kita merasakan ada gangguan di bagian syaraf tubuh kita. Karena dokter ini memiliki spesialisasi menangani keluhan penyakit yang berhubungan dengan bagian syaraf manusia. Seperti adanya keluhan sakit kepala sebelah, nyeri pada bagian tubuh tertentu atau juga jika adanya gangguan dalam sistem motorik tubuh manusia.
Biasanya, pemeriksaan pada dokter syaraf ini dilakukan setelah mendapat rujukan atau rekomendasi dari dokter umum. Hal ini dilakukan setelah pemeriksaan awal yang dilakukan dokter umum menunjukkan adanya indikasi gangguan pada bagian syaraf kita. Sehingga, agar diperoleh hasil penelitian yang lebih terperinci biasanya dokter umum akan memberikan saran pemeriksaan berlanjut.
Hal ini mengingat syaraf adalah bagian vital dari tubuh manusia. Meski pun kecil dan sulit dilihat dengan mata telanjang, namun perannya sangat besar dalam menunjang berbagai aktivitas manusia. Sedikit saja terjadi gangguan pada bagian syaraf manusia, bisa berdampak fatal.
Seperti jika gangguan pada syaraf motorik manusia, bisa berdampak pada terjadinya kelumpuhan. Atau juga jika syaraf mata terjadi kerusakan, bisa mengakibatkan kebutaan pada penderitanya. Inilah mengapa, sedini mungkin kelainan pada sistem syaraf manusia harus segera ditangani sebelum terjadi hal-hal yang lebih parah.
Mengingat, masing-masing bagian dalam syaraf saling terhubung satu sama lain. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada satu bagian, bisa mempengaruhi peran dari fungsi syaraf tubuh lainnya. Namun banyak manusia yang menganggap sepele permasalahan yang berhubungan dengan gangguan syaraf ini.
Selain karena tidak terlihat oleh mata, gangguan syaraf sering kali diberikan pengobatan yang tidak tepat untuk mengatasinya. Contohnya bila terjadi gangguan syaraf yang menyebabkan migrain. Banyak yang menganggap hal tersebut adalah masalah sepele dan cukup minum obat yang mengandung analgesik saja untuk mengatasinya. Analgesik sendiri sebenarnya hanya berfungsi untuk menekan rasa sakit, dan bukan menyembuhkannya.
Tips Berobat Ke Dokter Syaraf
Di sisi lain, banyak orang yang merasa takut untuk berobat ke dokter syaraf. Selain karena adanya anggapan, bahwa dokter syaraf hanyalah dokter yang menangani pasien gangguan ingatan, juga banyak masyarakat menganggap bahwa berobat ke dokter syaraf hanya bagi mereka yang menderita penyakit berat saja.
Akibatnya, ketika harus berobat ke dokter syaraf, banyak orang yang merasa ingin cepat selesai. Mereka tidak berpikir jangka panjang, tentang dampak menyepelekan penyakit syaraf. Untuk itu, ketika kita berobat ke dokter syaraf ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti :
Jangan ragu mengatakan seluruh keluhan yang dirasakan. Hal ini berguna agar dokter bisa sedini mungkin menganalisa kemungkinan penyakit, sebelum dilakukan pemeriksaan secara mendetail.
Tanyakan jenis obat apa saja yang diberikan oleh dokter. Jangan terjebak dengan merasa puas jika kita hanya diberikan obat berjenis analgesik yang tidak berfungsi menyembuhkanpenyakit. Karena analgesik pada dasarnya hanya menekan rasa sakit dan bersifat sementara. Mintalah obat yang memiliki fungsi menyembuhkan dan bukan sekedar penghilang rasa sakit secara sementara saja.
Mintalah hasil pemeriksaan termasuk hasil laboratorium. Jika tidak diberikan hasil yang asli, mintalah copy pemeriksaan. Hal ini sudah dilindungi dalam UU Kesehatan yang menjamin hak pasien untuk mendapatkan keterangan hasil pemeriksaan secara detail.
Konsultasikan hasil pemeriksaan yang dilakukan secara lengkap pada dokter syaraf. Tidak perlu tergesa-gesa dalam berkonsultasi, karena pasien tidak dilarang untuk meminta penjelasan pada dokter secara lengkap.
Tanyakan tentang terapi yang harus dilakukan untuk mendukung proses penyembuhan selain dengan meminum obat yang diberikan dokter.

Tidak ada komentar: