SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Blassed Thistle Bermanfaat Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Kalbe.co.id - Seorang ibu yang baru saja melahirkan tentu ingin memberikan ASI (Air susu ibu) ekslusif untuk bayi/anaknya hingga usia dua tahun. Namun, seringkali para wanita baru menyadarinya ketika bayi tersebut lahir. Produksi ASI didalam tubuh wanita dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk gaya hidup. Beberapa hal lain yang akan menambah produksi ASI termasuk: cukup tidur, banyak minum air serta rangsangan dari bayi untuk menghisap ASI dsb.

Produksi ASI ditentukan oleh aktivasi hormon prolaktin di kelenjar otak, sehingga cukup penting mengkonsumsi makan yang beragam & bervariasi dalam memastikan kecukupan zat gizi terutama zat gizi mikro. Konsumsi sayur-sayuran yang mengandung galactogogue (laktagogum), dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI, seperti contoh yang dikenal di Indonesia adalah daun katuk serta daun torbangun. Di luar negeri, ada beberapa jenis herbal/ tanaman obat yang dipercaya mempunyai khasiat dalam meningkatkan produksi dan pengeluaran ASI antara lain: Fenugreek, Blessed Thistle, Alfafa, dsb.

Blessed thistle dengan nama latin Cnicus benedictus L. [Asteraceae] merupakan salah satu yang biasanya dipergunakan sebagai galactagogues. Tanaman ini dapat dikombinasi juga dengan bahan lainnya seperti Red raspberry, alfalfa, marshmallow, dan fenugreek. Blessed Thistle merupakan rumput yang hidup di dataran Mediterranean , namun kadang ditemukan juga di Amerika Utara. Tanaman ini dapat dikeringkan dan digunakan sebagai galaktagogum; Diberikan dalam bentuk kapsul atau sebagai teh. Adapun mekanisme kerja sebagai galactogogue yang dipercayai dengan menstimulasi aliran darah menuju ke kelenjar payudara dan dapat memperkaya aliran ASI. Monograf dari Komisi E di Jerman, merekomendasikan dosis 4–6 gram blessed thistle per hari.


Bookmark and Share
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: