SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Minum Menggunakan Botol Berkepanjangan Meningkatkan Risiko Obesitas Pada Anak

Kalbe.co.id - Minum menggunakan botol selama bayi adalah perilaku yang dapat berkontribusi pada obesitas dengan mendorong anak untuk mengkonsumsi kalori berlebihan. Menggunakan botol berkepanjangan didefinisikan sebagai menggunakan botol lebih dari 12 sampai 14 bulan dan dapat termasuk penggunaan botol untuk memberi makan cairan saat makan dan makanan ringan, memberikan botol pada saat anak tidur ataupun keduannya. Penggunaan botol berkepanjangan diduga menjadi salah satu penyebab potensial dari kedua deficiency besi dan caries pada anak usia dini. American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa orang tua harusnya menghindari pemberian botol terhadap anak-anak mereka saat tidur yang berisi apa saja selain air sebagai strategi untuk mencegah karies anak usia dini, tetapi rekomendasi ini tidak disebutkan sebagai strategi pencegahan obesitas.

Beberapa studi telah meneliti hubungan antara penggunaan botol yang berkepanjangan dan risiko obesitas pada anak-anak. Satu studi menemukan hubungan yang positif antara penggunaan botol waktu tidur dan obesitas pada anak 3 tahun yang tinggal di 20 kota besar di USA. Salah satu studi yang realtif baru tentang penggunaan botol berhubungan dengan obesitas adalah studi yang dilakukan oleh Rachel A., dkk dan telah dipublikasikan dalam Journal of Pediatric tahun 2011. Studi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan botol susu syang lama dengan risiko obesitas pada usia 5,5 tahun in imelibatkan total subyek sebanyak 6750 anak yang lahir di USA pada tahun 2001, sedangkan parameter yang dinilai adalah BMI (body mass index presentil ke-95) pada usia 5,5 tahun dan laporan penggunaan botol dari orang tua selama 24 bulan.

Dari studi tersebut diperoleh data prevalensi obesitas pada usia 5,5 tahun adalah 17,6% pada anak yang tidak menggunakan botal dan 22,3% anak menggunakan botol selama 24 bulan. Lama menggunakan botol dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas pada usia 5,5 tahun sebesar 1,33 kali dibandingkan dengan kontrol yang tidak menggunakan botol jangka panjang, setelah variabel potensial pengganggu dikontrol (karakteristik sosiodemografi, obesitas ibu, ibu merokok, menyusui, usia pengenalan padat makanan, dan status berat badan anak saat lahir dan pada usia 9 bulan).

Kesimpulan, berkepanjangan menggunakan botol dikaitkan dengan obesitas usia 5,5 tahun. Menghindari perilaku ini dapat membantu mencegah obesitas dini.

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: