SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Folikulitis

Definisi
Radang folikel rambut, terutama disebabkan oleh S.aureus. Terdapat dua jenis yaitu folikulitis superfisialis yaitu bila lesi hanya sampai di epidermis dan folikulitis profunda bila lesi mencapai dermis.

Gambar. Folikulitis


Gejala
  1. Ruam ( Kemerahan pada daerah kulit)
  2. Pustula yang terletak di sekitar folikel rambut
  3. Gatal di kulit 
Tatalaksana
* Umum : Atasi faktor predisposisi
* Medik : Antibiotik, terutama topikal yang efektif terhadap stafilokokus misalnya gentamisin atau neomisin sulfat 3-4 kali sehari selama 7-10 hari. Antibiotik sistemik digunakan bila lesi berjumlah banyak dan pada pasien immunocompromissed, digunakan dari golongan aminopenisilin (Amoksisilin dengan dosis dewasa 3x500 mg, anak kurang dari 10 tahun 3x125-250 mg, diminum sesudah makan, atau ampisilin 4x500 mg, anak kurang dari 10 tahun dosisnya setengah dari dosis dewasa diminum 30 menit sebelum makan) atau eritromisin dengan dosis dewasa 4x500 mg, anak kurang dari 10 tahun setengah dari dosis dewasa, sesudah makan. selain itu anjurkan pasien untuk membersihkan lesi dengan sabun antiseptik (Betadine) 2 kali sehari. Untuk mempercepat drainase, kompres dengan air hangat atau popidon iodion 1 % diencerkan (1:10) 2 kali sehari selama 15 menit, setelah itu baru dioleskan antibiotik. Simtomatik, bila terasa sangat gatal dapat diberikan antihistamin sedatif secara oral atau topikal yaitu hidrokortison cream 1 % dioleskan tipis kepermukaan kulit yang gatal diatas antibiotik 2 kali sehari.
* Pencegahan : Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada folikulitis superfisialis dan profunda tindakan yang perlu dilakkan adalah meminimalkan gesekan pakaian, dan menjaga kebersihan kulit.
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: