SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Anemia (Kurang darah)

Anemia disebut juga penyakit kekurang darah. hal ini dikarenakan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah berada dibawah batas normal, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah yang sesuai.

Faktor Penyebab
Penyebab anemia sangat berfariasi namun secara umum sebagai berikut :
  1. Perdarahan hebat : Akut (Mendadak) seperti kasus kecelakaan, pembedahan, persalinan serta pecah pembuluh darah. Adapula yang sifatnya Kronik atau disebut juga menahun seperti pada perdarahan hidung, orang yang mengidap wasir (hemoroid), penyakit ulkus peptikum, kanker atau polip saluran pencernaan, tumor, ginjal dan perdarahan menstruasi yang sangat banyak.
  2. Berkurangnya pembentukan sel darah merah. Hal ini dikarenakan kekurangan zat besi, kekurangan vit-B12, kekurangan asam folat, kekurangan vit C, serta penyakit kronis.
  3. Meningkatnya penghancuran sel darah merah. disebabkan oleh pembesaran limpa, kerusakan mekanik pada sel darah merah, hemoglobinuria, dan thalasemia
Gejala Kurang Darah/ Anemia
Gejala yang ditimbulkan akibat pasokan oksigen yang tidak mencukupi kebutuhannya sangat berfariasi dari mulai sering merasa lelah, kurang tenaga, kepala terasa berputar atau pusing. Fase lanjutan, jika anemia tidak ditangani maka anemia semakin berat dan dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Diagnosa
Pada penentuan diagnosa anemia yang paling sederhana adalah dengan memeriksa tekanan darah sistol dan diastol, untuk lebih tepatnya kita sarankan cek darah lengkap karena kita dapat mengetahui persentase sel darah merah pada volume darah total (hematokrit) dan jumlah hemoglobinnya.



Untuk lebih lengkapnya teman-teman download aja Askep Anemia disini
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: