SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Fisioterapi Anak

Massage Bayi Anda
Dari : Jowir
Fisioterapi anda


Seorang ibu mengeluhkan kesehatan bayinya yang sering masuk angin, muntah dan sulit tidur, ibu yang lainnya mengeluh bahwa bayinya susah buang air besar, alergi dan masih banyak ibu-ibu lain yang mengeluhkan kondisi bayinya. Ada solusi untuk mengatasi masalah diatas? Salah satu solusinya adalah massage (pijat ) bayi. Belakangan ini pijat bayi mulai digemari oleh ibu-ibu karena faedah yang dirasakan terhadap bayinya. Jarang sakit, makannya banyak , tidurnya teratur dan lincah adalah beberapa faedah yang diperoleh dari pijat bayi. Sebenarnya pijat bayi telah dilakukan para ibu selama berabad-abad dan turun-temurun tapi frekuensi dari pijat bayi tidak teratur ada yang dua kali dalam satu bulan ada yang sekali sebulan dan bahkan ada pula yang dua bulan sekali dalam melakukan pemijatan, tetapi kebanyakan para ibu-ibu tersebut melakukan pemijatan bila bayinya sedang sakit. Pemijatanpun juga sederhana dengan bermodalkan minyak (tawon, telon) bayipun dimassage dan kisaran waktunya 30-45 menit dan dalam proses tersebut bayi menangis terus-menerus.
Penelitian baru-baru ini mengungkapkan banyak manfaat yang diperoleh dengan pijat bayi. Pijat bayi membantu merangsang kekebalan (pembawaan lahir) pada bayi maka bisa membantu melawan infeksi. Tehnik pijat bayi khusus dapat membantu menghilangkan colic (mulas), masuk angin dan susah buang air besar, selain menenangkan dan mengurangi nyeri pada bayi, pijat juga merangsang keluarnya hormon endorphin yang bisa meenurunkan nyeri sehingga bayi menjadi tenang dan mengurangi frekuensi menangis sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas tidurnya

Pijat bayi juga meningkatkan daya serap nutrisi ke tubuhnya dan lebih menenangkan sistem syarafnya, hasilnya dapat mengurangi alergi. Pijat bayi membantu pola tidur menjadi teratur, pijat membuatnya menjadi nyaman dan menentramkan hatinya. Pijat bayi dapat juga meningkatkan hubungan kekeluargaan bayi dengan orangtuanya, bayi akan merasa aman , nyaman dengan kedua orangtuanya. Dan dalam pemijatan pun bisa dilakukan oleh ayah (tidak mutlak ibunya), sehingga ada hubungan kasih sayang ayah pada bayinya. Efek yang lain jika pemijatan dilakukan orangtuanya bayi akan cepat adaptasi atau mengurangi frekuensi menangisnya.
Pemijatan bisa dilakukan dimana saja tetapi usahakan diruangan yang mana bayi merasa nyaman (jauh dari keramaian), sehari bisa dilakukan 1-2 kali pilih waktu yang tepat biasanya dilakukan sebelum mandi (sesuaikan dengan kondisi bayi), minyak yang dipilih bisa menggunakan baby oil, minyak tawon atau telon. Lakukan pemijatan dengan lembut dan benar (pemilihan tehnik yang tepat). Lama pemijatan berkisai 20-30 menit sesuaikan dengan situasi dan kondisi keduanya (ibu dan bayi).
Sebelum anda melakukan pemijatan konsultasikan dengan dokter anak anda atau fisioterapi anda untuk mengetahui tehnik –tehnik yang benar (agar tujuan pemijatan tercapai ). Selamat mencoba dan rasakan faedahnya.
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: