SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Pemeriksaan Spesifik Pada Regio Elbow




Berikut ini beberapa pemeriksaan spesifik/ khusus pada elbow/siku

1. Tes instabilitas Ligaments

Stabilitasi lengan pasien didaerah elbow oleh tangan pemeriksa, sedang tangan lainnya diletakkan diatas wrist pasien. Selanjutnya pasien memfleksikan elbownya sekitar 20 – 3o derajat. Untuk memeriksa ligament collateral lateral, berikan penekanan kea rah adduksi/varus dan penekanan kea rah abduksi/valgus untuk memeliksa ligament collateral medial. Penekanan ditingkatkan dan perhatikan ada tidaknya perubahan nyeri atau ROM

2. Tes tinel/tanda Tinel’s pada elbow
Tempat dari nervus ulnaris didalam celah antara processus olecranon dan epicondylus medial. Apabila terdapat neuroma atau entrapment neuritis disulkus n. ulnaris, maka maka penekanan pada nervus ulnaris ditempat tersebut (sulkus n. ulnaris) akan menimbulkan nyeri yang dirasakan berpangkal pada tempat penekanan dan menjalar sepanjang perjalanan n. ulnaris.

3. Tenis Elbow Test (metode I)
Stabilisasi elbow dengan ibu jari pemeriksa, selanjutnya pasien diminta untuk melakukan gerakan pronasi lengan bawah, radial deviasi dan ekstensi wrist sementara it pemeriksa memberikan resisten terhadap gerakan tersebut. Tanda positif indikasi tiba-tiba muncul timbul nyeri yang hebat di area epicondylus lateral humeri. Epicondylus dapat juga di palpasi untuk menentukan tempat nyeri. Test ini dikenal dengan nama Cozen’s test.

4. Tennis elbow test (Metode II)
Sambil mempalpasi epicondylus lateral, pemeriksa mempronasikan lengan bawah pasien disertai sleksi wrist dan ekstensi elbow. Jika tes ini positif indikasi timbul nyeri diatas epicondylus lateral humeri.

5. Medial Epicondylitis Test (Golfer’s elbow)
Pameriksa mempalpasi epicondylus medial pasien selanjutnya pameriksa menggerakkan lengan pasien kea rah supinasi lengan bawah disertai ekstensi elbow dan wrist joint. Tanda positif indikasi timbul nyeri diatas epicondylus medial humeri.

6. Fleksi elbow test
Minta pasien untuk fleksi elbow maksimal dan pertahankan posisi tersebut sampai 5 menit. Tanda positif indikasi adanya rasa kram atau paresthesia sepanjang distribusi saraf ulnar di lengan bawah dan tangan. Tes ini membantu untuk mengetahui adanya cubital tunnel syndrome.


Baca juga

PEMERIKSAAN FISIOTERAPI SARAF TEPI

Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: