SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

MENJAGA TULANG AGAR TETAP KUAT.

MENJAGA TULANG AGAR TETAP KUAT.
Saat di usia mulai tua banyak keluhan yang dirasakan di berbagai persendian. Gangguan seperti osteoarthritis dan rheumatoid artrthitis sering menjadi momok bagi para lansia. Namun hal itu bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di saat muda yang dapat menjaga tulang agar tetap kuat. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tulang agar tetap kuat seperti dilansir dari HealthMonitor, Rabu (15/2/2012) antara lain:

1. Makan makanan yang sehat
Pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup.
2. Berhenti merokok
3. Batasi konsumsi kafein dan alkohol
4. Olahraga

Tulang terdiri dari jaringan aktif yang terus dihancurkan dan diganti secara dinamis. Mineral memainkan peran kunci dalam proses ini, terutama dalam 30 tahun pertama kehidupan. Oleh karena itu, diet yang baik, terutama saat bertumbuh dan berkembang adalah suatu keharusan.

Tindakan lain yang dapat menjaga agar tulang tetap kuat adalah olahraga. Tulang dapat beradaptasi dengan tekanan yang mengenai tulang setiap hari. Sehingga jika berolahraga secara rutin dan aktif secara fisik, tulang dapat menjadi lebih kuat.

Beberapa jenis olahraga terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang, antara lain:

1. Olahraga menahan beban

Olahraga menahan beban telah terbukti menjadi olahraga yang terbaik untuk tulang. Namun, olahraga tingkat berat seperti aerobik dan berjalan cepat dapat menyebabkan kerusakan fisik dan cedera jika dilakukan secara berlebihan. Berjalan adalah latihan menahan beban terbaik yang dapat dilakukan.

2. Berenang

Meskipun berenang bukan latihan menahan beban, namun jenis olahraga ini mengaktifkan banyak otot. Otot melekat pada tendon yang melekat pada tulang, sehingga semakin sering menggerakkan otot-otot, semakin baik untuk tulang.

3. Yoga dan Tai Chi

Bila melakukan latihan keseimbangan, semua otot, tendon dan ligamen di sekitar sendi menjadi lebih kuat. Kurangnya keseimbangan adalah penyebab umum patah tulang. Yoga dan tai chi merupakan dua jenis latihan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Jika mulai menerapkan kebiasaan sehat sejak awal kehidupan, seperti makan diet seimbang yang mencakup vitamin dan mineral, dan berolahraga secara teratur, maka akan memiliki tulang yang lebih sehat dan kuat.
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: