SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Bisakah Menyusui Setelah Operasi Caesar

Bisakah Menyusui Setelah Operasi Caesar
Menyusui
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Bisakah Menyusui Setelah Operasi Caesar - Banyak ibu bertanya, dapatkah saya menyusui setelah melahirkan caesar? Jawabannya adalah YA! Tidak ada alasan untuk menunda memberikan ASI kepada bayi sekalipun Anda baru saja menjalani persalinan caesar. Setelah melahirkan, segera ingatkan dokter atau bidan, bahwa Anda ingin menyusui bayi sesegera mungkin.
Bahkan jika situasi memungkinkan, dokter biasanya akan langsung meletakkan bayi di dada ibu (skin to skin) saat masih di meja operasi. Hal ini tentu dengan memperhitungkan terlebih dahulu kondisi kesehatan ibu dan bayi

Menyusui akan menjadi moment berharga dan membentuk ikatan emosional antara ibu dan bayi. Apapun bentuk anestesi (pembiusan) yang Anda dapat, hal itu tidak dapat menghalangi proses pemberian ASI.

Beberapa anggapan ada yang mengatakan bahwa cairan ASI datang lebih lambat pasca operasi caesar. Bahkan sejumlah penelitian telah menunjukkan, beberapa bayi yang lahir melalui operasi caesar butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan berat badan ideal ketimbang bayi lainnya. Tetapi kondisi ini tidak akan berlangsung lama dan akan membaik setelah beberapa hari.

Penempatan posisi bayi pada payudara sangat penting untuk membantu proses menyusui dan mencegah nyeri puting. Pastikan tubuh bayi dekat dengan Anda (dada ke dada, dagu dekat payudara dan hidung jauh dari payudara).

Untuk melindungi luka bekas operasi Anda bisa menggunakan bantal sebagai alasnya. Letakan bayi disamping atau di bawah ketiak Anda.

Setelah operasi caesar penting bagi bayi untuk menerima kolostrum dan mulai belajar untuk menyusui. Memberikan ASI saat malam hari akan membantu mencegah pembengkakan payudara dan menjaga pasokan susu Anda.

Ketika harus menunggu


Tidak setiap ibu dapat dengan segera menyusui pasca menjalani operasi caesar. Anda mungkin membutuhkan waktu akibat efek dari anestesi (pembiusan) atau bayi Anda mungkin perlu dimasukkan ke dalam humidicrib untuk sementara waktu untuk menstabilkan kondisinya.

Ada satu hal penting yang dapat Anda lakukan sambil menunggu yakni dengan mengekspresikan kolostrum Anda. Kolostrum adalah 'cairan super' yang dihasilkan kelenjar susu beberapa hari pascamelahirkan dan mengandung lebih banyak protein dan zat-zat untuk pertahanan. Cairan ini berfungsi sebagai pencahar alami untuk mekonium - membantu buang air besar pertama kali pada bayi.

Bayi baru lahir tidak membutuhkan asupan makanan apa pun selain kolostrum. Cairan ini menjadi sangat penting jika Anda atau pasangan memiliki riwayat keluarga alergi atau intoleransi makanan - Bisakah Menyusui Setelah Operasi Caesar.
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: