SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Penyakit Acromegaly, Gejala dan Pengobatan

Penyakit Acromegaly

Penyakit Acromegaly, Gejala dan Pengobatan

Deskripsi
Acromegaly adalah gangguan hormonal yang berkembang saat kelenjar pituitary memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan selama masa dewasa. Ketika hal ini terjadi, tulang mengalami peningkatan ukuran, termasuk tulang tangan, kaki dan wajah. Acromegaly biasanya mempengaruhi orang dewasa setengah baya.

Pada anak-anak yang masih tumbuh, pertumbuhan hormon terlalu banyak dapat menyebabkan kondisi yang disebut Gigantisme. Anak-anak ini memiliki pertumbuhan tulang yang berlebihan dan peningkatan abnormal tinggi.

Jika tidak ditangani segera, acromegaly dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan menjadi mengancam nyawa.

Penyebab dari acromegaly bisa diketahui dari hipofisis seseorang. Pada kondisi normal, hipofisis, kelenjar kecil yang terletak di dasar otak di belakang batang hidung, menghasilkan sejumlah hormon. Salah satu hormon yang dihasilkan oleh hipofisis adalah hormon pertumbuhan (GH), hormon ini berperan penting dalam pertumbuhan fisik.

Ketika GH disekresikan ke dalam aliran darah, memicu hati untuk menghasilkan hormon yang disebut insulin-seperti faktor pertumbuhan-I (IGF-I). Pada gilirannya, IGF-I merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan lain. Jika kelenjar hipofisis membuat terlalu banyak GH, dapat mengakibatkan peningkatan IGF-I. Terlalu banyak IGF-I dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal jaringan lunak dan kerangka dan tanda-tanda dan gejala khas acromegaly dan Gigantisme.

Gejala
Salah satu tanda-tanda paling umum acromegaly adalah tangan dan kaki tampak lebih besar dari ukuran normal. Orang dengan gangguan ini sering melihat bahwa mereka tidak bisa lagi memakai cincin dan sepatu mereka sesak.

Perawatan
Perawatan berfokus pada penurunan produksi GH serta mengurangi dampak negatif dari tumor pada hipofisis dan jaringan sekitarnya. Penderita penyakit ini kemungkinan membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan.
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: