SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA FISIOTERAPIS INDONESIA..........................................................................SEMUA TENTANG FISIOTERAPI ADA DISINI

Penyakit Mata Retinoblastoma

Pengertian
Retinoblastoma adalah suatu neoplasma yang berasal dari neuroretina (sel kerucut sel batang) atau sel glia yang bersifat ganas. Merupakan tumor ganas intraokuler yang ditmukan pada anak-anak, terutama pada anak usia dibawah lima tahun.

Etiologi
Terjadi karena kehilangan kedua kromosom sel dominan protektif yang berada dalam pita kromosom 13q14. Bisa karena mutasi atau diturunkan. Penyebabnya adalah tidak terdapatnya gen penekan tumor, yang sifatnya diturunkan. Kanker dapat menyerang salah satu mata yang bersifat somatik maupun kedua mata yang merupakan kelainan yang diturunkan secara autosom dominan. Kanker bisa menyebar ke kantung mata dan ke otak melalui saraf penglihatan (Nervus Optikus).

Patofisiologi
Pertumbuhan tumor ini dapat menyebabkan metastasis dengan invasi tumor melalui : nervus optikus ke otak, sclera ke jaringan orbita dan sinus paranasal, dan metastasis jauh kesumsum tulang melalui pembuluh darah. Pada fundus terlihat adanya bercak kuning mengkilat, dan dapat menonjol. Dipermukaan terdapat neovaskularisasi dan perdarahan. Warna iris menjadi tidak normal.

Manifestasi Klinis
Gejala retinoblastoma dapat menyerupai penyakit lain dimata. Bila letak tumor di makula, gejala awal yang dapat timbul adalah strabismus. Masa tumor yang makin membesar akan memperlihatkan gejala leukokoria, tanda-tanda perasangan di vitreus yang menyerupai endoftalmitis. Bila sel-sel tumor terlepas dan masuk ke segmen anterior mata, akan menyebabkan glaukoma.

Diagnosis Banding
Fibroplasia retrolental, displasia retina, endoftalmitis nematoda, katarak, dan ablasi retina.

Penatalaksanaan
Pada penatalaksanaan tergantung pada klasifikasi tumor.

Untuk lebih lengkap silahkan download Askep retinoblsatoma
Alat Fisioterapi
Terimakasih atas kunjungan teman sejawat fisioterapis, walaupun artikelnya mungkin kurang memuaskan saya berharap dapat membantu anda mencari artikel-artikel fisioterapi, dan semoga blog ini bermanfaat.

Jika anda ingin mendapatkan info tentang alat fisioterapi, kami juga jual alat fisioterapi. Silahkan kunjungi Distributor alat fisioterapi dan alat kesehatan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: